01/03/12

Diagnosa Skala FUN MASTER Anda!


 Temukan Skala FUN MASTER Anda!

Martin Luther King  pernah berkata :

"Bila seseorang bekerja sebagai penyapu jalan, semestinya ia tetap menyapu jalan meski Michelangelo sedang mengecat di sana, atau Beethoven sedang menggubah lagu, atau Shakespeare sedang menulis puisi. Ia harus tetap menyapu jalan sebaik mungkin sehingga seluruh penghuni surga dan bumi terpesona berkata, "Hai, ada penyapu jalan yang melakukan pekerjaannya dengan baik."


Sekalipun pekerjaan Anda adalah seorang penyapu jalan, jadilah penyapu jalan yang terbaik! Sehingga seluruh dunia akan berkata : "Dia adalah penyapu jalan terbaik dan terhebat yang pernah ada!"

 
Sebenarnya demikian juga jalan kehidupan setiap kita. Berbagai peranan telah tersedia dalam panggung pentas kehidupan. Dan bila Anda telah membaca artikel sebelumnya REFLEKSI: FUN MINDSET "My Broadway Story". (Desember 2011), ada sebuah perenungan yg indah di sana. Betapa baiknya sebenarnya Tuhan:Sang Maha Sutradara memberikan kesempatan setiap kita mengambil peran utama dalam kehidupan. Setiap peran yang kita pilih tersebut harusnya selaras dengan IDENTITAS apa yang kita pikirkan, impikan, lakukan dengan semangat dan penuh antusias, dan akhirnya kita asah terus-menerus sampai tergalilah sebuah bakat yang unik dan natural. Akhirnya masa depan kita begitu FUN nya, karena kita telah mempersiapkannya dengan sangat baik dan menyenangkan. 



Untuk membantu Anda menemukan ketepatan Anda mempersiapkan masa depan Anda, ada alat bantu Skala FUN MASTER. Tentunya Anda penasaran dengan penghitungan point skala FUN MASTER Anda. Mungkin saat ini Anda sedang dalam posisi yang sangat umum terjadi, yaitu merasa bahwa sejauh perjalanan hidup Anda, telah merasakan dan mendapatkan sebuah pekerjaan (bagi para profesional dan karyawan), memilih jurusan pendidikan (bagi pelajar), menentukan bisnis yang digeluti (bagi para entrepreneur)  atau menekuni aktivitas utama yang menjadi dasar penentuan masa depan yang lebih baik.  Namun seberapa jauh aktivitas utama/pekerjaan yang Anda pilih saat ini, Anda sendiri rasakan mampu membawa dan menjadikan Anda sebagai Master di bidangnya dan mampu melahirkan mahakarya ”masterpiece” dalam perjalanan hidup Anda. 

Seberapa nikmat dan senangnya Anda menjalani aktivitas tersebut atau justru seberapa lelah dan bosannya Anda menjalani aktivitas sehari-hari Anda sekarang. Semuanya sangat penting karena berpengaruh masa depan seperti bagaimana yang Anda ingin dapatkan. Dan hal yang perlu diperhatikan bahwa nantinya semua hasil skala ini harus Anda refleksikan penilaiannya ke dalam 6 level FUN MASTER:

1. FUN Mindset (Apakah Anda telah memilih Identitas dan menentukan Impian dgn tepat).
2. FUN Attitude (Apakah Anda telah memulai membangun perilaku yg selaras dgn impian tsb).
3. FUN Spirit (Apakah Anda telah menemukan cara efektif memotivasi diri Anda utk selalu antusias)
4. FUN Talent (Apakah Anda telah berhasil menggali bakat yang cocok, unik dan berkembang natural)
5. FUN Energy (Apakah Anda telah membangun energi perasaan yang efektif)
6. FUN Recycle (Apakah Anda telah memahami dan mempraktikkan formula daur ulang kesuksesan)

 Ya, mungkin banyak dari Anda yang sedikit gelisah "galau" jika memikirkan hal-hal tersebut di atas. Untuk itu mari kita bersama sedikit membuka memori perjalanan hidup kita, dan Anda dapat menjawab beberapa pertanyaan berikut:

1.     Apakah Anda menyenangi bidang dimana  Anda beraktivitas/bekerja saat ini?
Ya              Tidak

2. Apakah Anda merasakan sebuah energi positif setiap kali Anda menjalankan bidang aktivitas/pekerjaan ini?
Ya              Tidak

3.    Apakah Anda merasa berbakat dalam bidang aktivitas/pekerjaan Anda saat ini?
Ya              Tidak
4.    Apakah Anda tertantang menjadi seorang yang ahli ’Master’ di bidang pekerjaan saat ini?
Ya              Tidak

5.    Apakah Anda menyediakan waktu khusus untuk meningkatkan kemampuan berkaitan bidang aktivitas/pekerjaan Anda saat ini (tanpa sebuah keterpaksaan)?
Ya              Tidak

6.    Apakah Anda sangat antusias menceritakan bidang aktivitas/pekerjaan Anda saat ini kepada teman-teman, kerabat, keluarga?
Ya              Tidak

7.    Apakah aktivitas yang Anda jalani saat ini sesuai dengan harapan dan impian Anda selama ini?
Ya              Tidak

8.    Apakah Anda bangga terhadap aktivitas/pekerjaan Anda saat ini?
Ya              Tidak

9.    Apakah Anda memiliki obsesi untuk menghasilkan sebuah mahakarya ’Masterpiece’ di bidang aktivitas/pekerjaan Anda saat ini?
Ya              Tidak

10.  Apakah Anda yakin akan meninggalkan sebuah warisan ’Legacy’ yang berarti berasal dari bidang keahlian yang Anda tekuni saat ini?
Ya              Tidak
                Jika jawaban ”Ya” sejumlah:

10         Energi FUN Master Anda menyala hebat
7-9       Energi FUN Master Anda sedikit meredup
3-6       Energi FUN Master Anda mendekati padam
0-2       Turbulensi Dunia telah memadamkan Energi FUN Master Anda


Jika jawaban Anda adalah Ya untuk semua pertanyaan di atas, Selamat! Berarti Anda telah memanfaatkan titik awal start dan telah menjadi pemain sesuai impian Anda. Namun jika, ada satu jawaban tidak, maka inilah saatnya Anda merenungkan kembali dan jangan kuatir tidak pernah ada kata terlambat, selama Anda siap berubah yang lebih baik. Formula FUN MASTER ini akan memperkuat bagi setiap Anda yang telah menjawab Ya dan akan mengarahkan ke sebuah transformasi kehidupan lebih bernilai bagi Anda yang belum menjawab semuanya ”Ya”. 

Dan sangat perlu dipahami bahwa jika skala Anda rendah, bukan selalu berarti Anda tidak cocok dengan Identitas yang Anda pilih sekarang. Hal ini bukan berarti membuat Anda untuk berpindah haluan dari pekerjaan dll. Anda mesti cek dulu sesuai tahapan level FUN MASTER. Bisa saja Identitas kita sdh tepat, namun kita selama ini belum bersungguh-sungguh membayarnya dgn FUN dalam usaha mengejar impian tersebut. 

Jika Anda tertarik dan penasaran bagaimana caranya 18 jurus FUN MASTER akan membimbing langkah demi langkah untuk mempercepat kesuksesan Anda (dimana juga selaras dengan apa yg telah dilakukan oleh beberapa orang tokoh FUN MASTER Indonesia seperti: Agnes Monica, Ade Rai, Deddy Mizwar, Yohanes Surya, Daniel Surya dan T.P. Rachmat)Anda dapat membaca buku MASTER 18 (Elex Media Komputindo). Selamat berjuang dengan FUN memenangkan panggung pentas kehidupan kita! Be a FUN MASTER, the world is yours!