10/08/11

Jurus Dasar Sang MASTER

1st Level FUN MASTER:
FUN MINDSET
Lebih banyak emas telah ditambang dari pikiran manusia daripada dari bumi ini.  
Napoleon Hill


Jurus dasar level pertama seorang FUN MASTER adalah FUN Mindset.  Di level ini Anda akan mulai mengenal jurus dasar seorang Master. Analogi yang sama dengan atlet beladiri, sebelum belajar jurus lainnya –maka gerakan kuda-kuda adalah jurus dasar yang harus dikuasai.  Ini bahkan lebih penting daripada kecepatan dan kekuatan. Tanpa  memiliki kematangan teknik ini maka seorang atlet bela diri akan kesulitan menyelesaikan dan memenangkan suatu pertarungan. 

Apa sebenarnya jurus dasar yang harus kita kuasai di awal proses menjadi seorang Master? Sebelum kita melihat ke-3 jurus  FUN MINDSET tersebut, marilah kita mulai dari satu opini menarik dari sebuah film berikut:

“INCEPTION” adalah film mahakarya Christopher Nolan (2010) yang sangat unik dan dinilai mewakili genre arthouse psycho-thriller.  Lewat tokoh bernama Cobb yang diperankan oleh Leonardo Dicaprio, kita melihat keahlian uniknya untuk menyelami sisi terdalam dari alam bawah sadar orang lain. 

Selanjutnya tugas besarnya adalah penanaman sebuah ide (Inception) ke dalam sebuah pikiran seseorang.  Karena dengan inilah, maka diharapkan adanya perubahan masa depan sesuai skenario yang dirancang. 
Beberapa hal yang menarik dari film tersebut:

  • Saat  kita tidur -- pikiran kita cenderung dapat melakukan segala hal.
  • Lima menit di dunia nyata  -- memberi kita 1 jam di dunia mimpi. Karena dalam mimpi, fungsi pikiran kita menjadi lebih cepat.
  • Begitu pentingnya peranan Arsitek mimpi. Membangun mimpi dari memori kita adalah cara paling mudah kehilangan kemampuan membedakan apa yang nyata dan yang mimpi.

     


Sebenarnya inilah yang menjadi tantangan utama bagi setiap manusia; khususnya orang dewasa. Makin dewasa seseorang, seringkali kehidupannya hanya dibangun berdasarkan realita-realita yang  telah dan sedang dialami. Kegagalan di masa lalu, dan beratnya tantangan dan banyaknya problema kehidupan yang sedang dialami, membuat banyak dari kita telah kehilangan keinginan dan kemampuan berimajinasi. Umumnya manusia hanya memanfaatkan pikiran sadarnya yang memiliki kekuatan hanya 12% dari keseluruhan kekuatan pikiran. Sebaliknya kekuatan alam bawah sadar sebesar 88%  yang sebenarnya dapat dibangun lewat sebuah impian menjadi kekuatan potensial, saat ini makin jarang digunakan dan dianggap tidak penting bagi pengembangan diri kita.

Tantangannya bagaimana kita membiasakan diri melakukan Self-Inception: menyelami lebih dalam dunia kita sendiri, menciptakan kemungkinan tokoh-tokoh baru, alternatif skenario baru, beberapa realitas berdasarkan memori kita selama ini, dimana pada akhirnya kita harus memilih salah satu peran yang terbaik di antaranya. Inilah saatnya bagi Anda untuk memulai petualangan mengejar impian tersebut!


Tiga jurus FUN Mindset adalah sebuah jawaban untuk bekal petualangan di atas.
Jurus 1: Free Mindset: membangun naskah impian melalui kebebasan berpikir.
Jurus 2: Unlimited Mindset: merancang aktualisasi diri melalui pikiran yang tidak terbatas.
Jurus 3: Notified Mindset: menyatakan  impian kita kepada diri sendiri dan orang lain.

Dapatkan lebih jauh eksplorasi 3 jurus FUN Mindset tersebut dalam menghadapi setiap lawannya dalam buku MASTER 18.
Semakin bebas Anda menuangkan impian lewat perencanaan ’cetak biru’ diri Anda, semakin mampu Anda memprediksi masa depan Anda.