09/09/11

FUN Spirit


3rd Level:
Show Your FUN SPIRIT

Setiap momen besar dan menentukan
dalam sejarah dunia adalah
kemenangan antusiasme seseorang.
~ Ralph Waldo Emerson
Saat ini Anda telah memasuki level 3—sebuah tahapan yang makin menantang dan meningkatkan adrenalin Anda. Mengapa demikian? Karena di level inilah semua yang telah Anda kuasai sebelumnya baik FUN Mindset maupun FUN Attitude, akan Anda bawa seoptimal mungkin dengan FUN Spirit Anda. Saatnya Anda boleh menancap gas kendaraan Anda. Anda telah memahami hendak ke mana rute yang Anda akan tempuh, dan bagaimana cara Anda mencapai tujuan tersebut. 
Membangun Antusiasme tak Lekang Waktu
Kata antusias berasal dari bahasa Yunani kuno entheos yang berarti "Tuhan di dalam" dan antusias berarti "diilhami dari Tuhan". Antusias menyatakan sebuah kegairahan yang kuat terhadap hal tertentu. Jika kita mampu membangun dengan baik rasa antusias dalam diri kita, diharapkan muncul gairah positif yang meningkatkan tidak hanya kepercayaan diri kita, namun juga kualitas hubungan kita dengan orang lain, dan bahkan kualitas kesehatan kita.


Bagaimana cara menghidupkan rasa antusias tersebut?
Pernahkah Anda mendengar Teori SEGITIGA API? Ternyata harus ada 3 buah unsur penting yang membuat api mampu menyala, yaitu: bahan bakar, oksigen, dan panas.
·         Bahan Bakar: Setiap bahan yang mudah terbakar, di mana sebelum menyala membutuhkan panas untuk menghasilkan sejumlah uap.
·         Oksigen: Udara di sekitar, dan harus tersedia cukup kandungan oksigennya.
·         Panas: Panas dapat di akibatkan oleh gesekan, akibat sinar matahari, dan tenaga listrik. Jika temperatur meningkat akan sampai pada fase penyalaan.
Demikian juga dengan cara menyalakan api ‘Spirit’ kita. Bahan bakar ibarat diri kita sendiri. Seseorang yang memiliki Mindset (impian) yang tinggi, ia telah menyiapkan dirinya sebagai bahan bakar yang siap menyala bila mendapatkan stimulus yang tepat. Sedang oksigen adalah aura baik di sekitar kita. Manusia akan makin sehat jika ia dapat berada dalam lingkungan yang tidak berpolusi, artinya memiliki kadar oksigen yang baik.
Ada pendapat yang mengatakan “Seperti apa Anda ke depan bergantung dari dengan siapa Anda bergaul saat ini, dan buku apa saja yang Anda baca.” Sebuah kemenangan bermula dari letupan energi individu sesuai potensinya dan didukung oleh lingkungannya. Sebagai contoh: kalau Anda bisa mendapatkan kaset Martin Luther King, Jr. berpidato dan berbicara seperti dia, menduplikasi nadanya, suaranya dan temponya, Anda akan merasakan kekuatan dan kuasa tidak seperti yang sudah-sudah.
Salah satu cara yang efektif membangun rasa antusias adalah dengan cara mempelajari biografi orang-orang sukses di saat mereka menghadapi tantangan terberat dalam kehidupan mereka. Bagi orang-orang yang memiliki impian tinggi, ini akan mengakibatkan gesekan positif yang akan menimbulkan ‘panas’ dalam dirinya. Sebagai contoh:

Hal yang menarik saat saya melakukan interview kepada Agnes Monica tokoh FUN MASTER Indonesia. Agnes mengaku begitu senang membaca buku biografi tokoh-tokoh sukses dunia. Dari Wright Brothers, Helen Keller, Martin Luther King Jr., hingga Roger Bannister ‘pelari pertama pemecah rekor lari 1 mil dalam waktu kurang dari 4 menit’. Semua itu memberikan inspirasi dan semangat bagaimana akhirnya Agnes tidak pernah berhenti membangun impian-impiannya dan memiliki adrenalin yang tinggi justru di saat ia harus menghadapi berbagai kesulitan dan tantangan yang belum pernah ia hadapi sebelumnya.

Begitu dahsyatnya ‘semangat’. Ia menular bagaikan virus yang menular ataupun api yang menjalar dengan cepat membakar benda di sekelilingnya. Demikian juga semangat yang kita pancarkan kepada orang lain sangat memungkinkan memberikan efek yang luar biasa berupa ‘benih-benih keberhasilan’ yang terkadang bagi orang-orang di sekeliling kita mengatakan sebagai ‘keberuntungan’ yang kita terima.
Pernahkah Anda bayangkan kemungkinan-kemungkinan apa saja yang bisa juga timbul dalam perjalanan meraih impian yang telah direncanakan. Ya, bisa saja hal-hal ini terjadi pada diri Anda:
·         Di tengah perjalanan Anda sesuai rute yang direncanakan di awal, ternyata sedang ada penutupan jalan, dan Anda diminta untuk mengalihkan dan menempuh rute yang lain yang jauh lebih panjang dan belum biasa Anda lalui.
·         Bahan bakar di kendaraan Anda dalam kondisi terbatas, dan dimungkinkan tidak ditemukan tempat pengisian bahan bakar di sekitar perjalanan tersebut.

Api semangat itu dibakar oleh diri Anda sendiri—orang-orang sukses hanya memberikan inspirasi ‘oksigen’ yang harus Anda sambut dengan baik.
 Bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Inilah saatnya Anda menguasai 3 jurus FUN Spirit berikut:
·         FRESH Spirit: membangun gairah awal memacu semangat.
·         UP-GRADE Spirit: membangun semangat untuk selalu meningkatkan diri.
·         NONSTOP Spirit: mempertahankan semangat diri dalam kondisi se’ekstrim’ apa pun.

Untuk mengenal lebih jauh ke- 3 jurus FUN Spirit tersebut dalam menghadapi setiap lawannya, temukan dalam buku MASTER 18.

”Keberhasilan berjalan dari kegagalan ke kegagalan tanpa kehilangan rasa antusias.”
 ~ Winston Churchill