25/03/12

FUN LIFE, FUN GAME

“Life's a game, all you have to do, is know how to play it.”


Quote di atas mengingatkan saya ke sebuah film berjudul Slumdog Millionaire (yg memenangkan 8 piala OSCAR thn 2008). Film yang menceritakan bagaimana  seorang anak miskin bernama Jamal Malik mendadak menjadi kaya setelah memenangkan kuis Who Wants to be A Millionaire versi India. Tidak ada seorang pun yang menyangka bahwa Jamal yang masa kecilnya besar di lingkungan kumuh (slum) kota Mumbai, dapat menjawab pertanyaan demi pertanyaan dalam game tersebut, sehingga ia harusnya berhak untuk hadiah senilai 20 juta Rupe.

Yang menarik dan menjadi pertanyaan pembuka dalam film tersebut adalah bagaimana Jamal Malik melakukannya?
Apakah ia: MENIPU   BERUNTUNG   JENIUS   TAKDIR


Bagi saya, proses perjalanan kehidupan Jamal lah sebenarnya jawaban dari pertanyaan di atas. 
Pengalaman masa kecilnya bertemu bintang film terkenal era 73 Amitabh Bachchan, dikejar barisan kamtibmas hingga ia berhadapan dengan sebuah patung Dewa Rama yg memegang busur dan anak panah di tangan kanannya, mengenal lagu "Darshan Do Ghanshyam" dari seorang kawannya, mengetahui bahwa wajah Benjamin Franklin lah yg ada di lembaran uang kertas 100 USD, hingga prediksi asal sirkus Cambridge adalah bagian dari masa lalunya yang akhirnya menjadi kunci dari jawaban semua pertanyaan yang ada.

Pertanyaannya, apakah semua dari kita bisa melakukan hal yang sama seperti Jamal Malik lakukan, jika kita memiliki pengalaman yang sama persis dengan nya? Permainannya boleh sama, tapi belum tentu kita dapat memenangkannya jika kita tidak tahu bagaimana cara memainkannya.
Kunci kemenangan Jamal, adalah sbb:
1. Bagi Jamal, setiap pengalaman masa lalunya baik buruk maupun suka, memiliki suatu nilai penting bagi dirinya. Ini bagian episode hidupnya yg terekam baik dan ia maknai dengan positif.
Banyak dari kita, seringkali menganggap bahwa perjalanan hidup yg telah lewat tdk berkesan apa-apa. Semua seperti deburan gelombang air yang datang menghampiri, dan berlalu begitu saja...tanpa ada PESAN apa pun tuk hari depan kita.
Untuk hal ini saya punya satu tips yang mudah dan menyenangkan tuk dilakukan: biasakan memiliki catatan harian yang berisi rekaman hal-hal penting dalam kehidupan kita. Kebiasaan ini saya mulai lakukan sejak thn 1993 di saat masa-masa kuliah saya, dan banyak hal positif yg bisa saya dapatkan. Dan beberapa di antaranya ikut mewarnai tulisan saya di buku MASTER 18.

 2. Jamal memiliki tujuan yang jelas utk mengikuti sebuah permainan. Jika kita pahami mengapa Jamal sangat ingin mengikuti kuis tsb, karena begitu besar hasrat dirinya untuk bertemu dengan sang kekasih Latika. Saat itu dua sejoli tersebut dipisahkan oleh kerusuhan dan kekerasan yang terjadi di kota Mumbai, khususnya masalah sukuisme. Detik-detik sebelum perpisahan, mereka bertekad utk bertemu kembali. Kuis "Who Wants to be a Millionaire" adalah  acara favorit Latika...jadi bagi Jamal Malik selalu ada peluang di semua pintu yang seolah-olah sudah tertutup. Harapan nya yang terbesar adalah bagaimana saat ia dapat tampil di televisi dan disaksikan oleh Latika. 
Inilah pelajaran yang sangat menyentuh...bagi Jamal tidak ada proses yang berat, semuanya ia lalui dengan FUN karena ia tahu akhir yang ingin ia dapatkan. 
Tips saya untuk hal yang ke dua ini adalah: selalu tuliskan setiap impian sejati kita. Dan rancanglah sebuah naskah impian yang jelas dan fokus. Selama impian tersebut tulus dan bermanfaat bagi orang lain, niscaya Tuhan akan membimbing dan membuka pintu-pintu yang tadinya tertutup.

Jadi memang benar bahwa hidup itu akan menyenangkan, selayaknya sebuah permainan, maka kenalilah bagaimana cara memainkannya.....