17/08/13

Nilai ORIGINALITAS Bangsa: behind the scene WINGS best picture Academy Award I

Akhirnya berhasil juga mendapatkan film WINGS (best picture ajang piala OSCAR 1 thn 1927).  Menonton 'silent movie' tersebut,  pasti di awal kita merasakan perbedaan yang jauh di bawah dibandingkan dengan teknologi saat ini. Namun jika kita sempatkan menengok 'behind the scene' nya, maka banyak pelajaran berharga di dalamnya. Film hitam putih dengan cerita romance di era PD I tersebut,  benar-benar memiliki nilai 'ORIGINALITAS' yang saat ini makin langka.

Ya, sangat orisinal..bahkan sang aktor Charles 'Buddy' Rogers dituntut berlatih untuk mampu menerbangkan pesawatnya, di saat ia belum pernah melakukannya sebelumnya. Belum lagi para pemain pendukung yang benar-benar mempertaruhkan nyawanya untuk mendapatkan adegan dahsyat jatuhnya pesawat yang dikendalikannya. Mereka harus menghitung dengan cermat, waktu tersisa paling pendek untuk keluar dari pesawat dan membuka parasutnya sebelum pesawat benar-benar meledak menyentuh ke bumi.
Semua itu dilakukan karena adanya KETERBATASAN. Belum ada teknologi CGI dan sejenisnya, justru membuka kesempatan baru untuk mendobrak dinding keterbatasan diri.


Saat ini baru saja detik-detik berlalu kita menyambut Dirgahayu Indonesia ke 68. Di saat zaman peradaban semakin modern ini, salah satu tantangannya apakah kita tetap mampu menghargai dan menikmati PROSES PERJUANGAN berdasarkan ORIGINALITAS bangsa kita. Apakah justru kita ter'nina bobo' dengan berbagai cara INSTAN yang justru mengurangi unsur FUN dalam berproses menggali potensi diri yang sebenarnya. Apakah kita melupakan bagaimana justru posisi keterbatasan sarana termasuk senjata perang secara fisik termasuk di era tahun 1928, 1945 justru melejitkan KEMAMPUAN MENDOBRAK DINDING PEMBATAS POTENSI DIRI? Indonesia bisa merdeka karena dimulai dari ORIGINALITAS impian yang tulus dari para pendirinya dan nilai-nilai luhur PANCASILA. Menjadikan ibu pertiwi sebagai tempat yang indah bagi putra-putri bangsanya dari generasi ke generasi. Masih adakah ORIGINALITAS itu saat ini? Pasti masih ada,,,dan yuk kita terus BERMAIN dengan tulus mewujudkannya. Yuk kita tersenyum bersama membangun impian mewujudkan Indonesia yang pasti lebih ceria.