31/12/11

2012: Better Life with FUN Spirit


2012: AWAKEN MY BURNING SPIRIT WITHIN
(How Powerful our FUN SPIRIT (3rd  LEVEL FUN MASTER)
Saat tulisan ini dibuat, dalam beberapa jam lagi kita akan menghadapi tahun baru: 2012. Memang cukup banyak ramalan bernada tidak optimis menghadapi tahun ini (terutama dikaitkan dengan krisis ekonomi dunia). Bahkan beberapa waktu lalu dunia digemparkan dengan pemutaran film “2012” sekaligus membuka kembali apa yang pernah dinyatakan pada kalender suku Maya di reruntuhan Meksiko. Beberapa kelompok para pengikut sekte apokaliptis (kiamat) dari seluruh dunia sedang berkumpul dan mulai menghitung mundur tanggal misterus yang telah dinanti-nanti ratusan tahun: 21 Desember 2012. Mereka meyakini hari tersebut adalah hari terakhir dunia ini.
Tentunya ramalan tersebut bukan untuk kita percayai  dan Anda harus segera mengalahkan mitos kiamat tersebut. Mempercayai hal itu, sama halnya dengan mendatangkan kiamat bagi masa depan kita.
Justru bagaimana kita mempersiapkan Spirit kita secara FUN untuk menyambut 2012 adalah titik lontar terbaik keberhasilan kita di sepanjang tahun mendatang…


“Setiap momen besar dan menentukan dalam sejarah dunia adalah kemenangan antusiasme seseorang”
~ Ralph Waldo Emerson       
Kata antusias  berasal dari bahasa Yunani kuno "entheos" yang berarti "Tuhan di dalam" dan antusias berarti "diilhami dari Tuhan".  Antusias menyatakan sebuah kegairahan yang kuat terhadap hal tertentu. Jika kita mampu membangun dengan baik rasa antusias dalam diri kita,  diharapkan muncul gairah positif yang meningkatkan tidak hanya kepercayaan diri kita, namun juga kualitas hubungan kita dengan orang lain, dan bahkan kualitas kesehatan kita. Sangat menarik motto Pemadam Kebakaran: Pantang Pulang Sebelum Padam. Justru di level 3 FUN Spirit ini menjadi tantangan tersendiri bagaimana kita memiliki motto Pantang Padam Sebelum Finish.
 
Dalam kehidupan sehari-hari, terkadang begitu banyak mimpi-mimpi yang besar, ditindaklanjuti dengan semangat membara. Namun jika tidak ada proses penyelarasan arah dan membiasakan cara bagaimana bertindak untuk fokus dengan cara terbaik yang kita miliki, dikuatirkan semangat tersebut suatu kali akan terkikis dan memungkinkan munculnya demotivasi. Akibatnya kita kehilangan mimpi-mimpi besar tersebut. Hal yang harus kita perhatikan bahwa seringkali dalam perjalanan kita, banyak ditemui tantangan-tantangan atau pun belenggu Spirit tersebut. Semangat yang sudah berapi-api, tiba-tiba di suatu saat mulai padam, bahkan mati sama sekali dan yang lebih bahaya, spirit itu tidak bisa dibangunkan lagi.

Jika Anda pernah menonton Film 'Backdraft' (salah satu film terbaik tentang kebakaran di samping Towering Inferno) ada adegan ledakan mendadak saat terjadi kebakaran. Kondisi ledakan itu ditemui di lapangan akibat suhu yang sangat tinggi dan panas bertemu dengan oksigen. Pernahkah Anda mendengar Teori SEGITIGA API? Anda perlu mengerti hal ini untuk menyiapkan FUN Spirit dengan baik. Ternyata harus ada 3 buah unsur penting yang membuat api mampu menyala, yaitu: bahan bakar, oksigen, dan panas. 
·         Bahan Bakar:  Setiap bahan yang mudah terbakar, dimana sebelum menyala membutuhkan panas untuk menghasilkan sejumlah uap.
Demikian juga dengan cara menyalakan api ‘Spirit’ kita. Bahan bakar ibarat diri kita sendiri. Seseorang yang memiliki Mindset (impian) yang tinggi, ia telah menyiapkan dirinya sebagai bahan bakar yang siap menyala bila mendapatkan stimulus yang tepat.
·         Oksigen: Udara di sekitar, dan harus tersedia cukup kandungan oksigennya.
Manusia akan makin sehat jika ia dapat berada dalam lingkungan yang tidak berpolusi, artinya memiliki kadar oksigen yang baik. Ada pendapat yang mengatakan “Seperti apa Anda ke depan tergantung dari dengan siapa Anda bergaul saat ini, dan buku apa saja yang Anda baca.” Sebuah kemenangan bermula dari letupan energi individu sesuai potensinya dan didukung oleh lingkungannya. Sebagai contoh: kalau Anda bisa mendapatkan kaset Martin Luther King, Jr. berpidato dan berbicara seperti dia, menduplikasi nadanya, suaranya dan temponya, Anda akan merasakan kekuatan dan kuasa tidak seperti yang sudah-sudah. Dan salah satu manfaat besar membaca buku karya John Maxwell, Napoleon Hill, Stephen Covey, Anthony Robbins, Bryan Tracy, adalah menempatkan Anda ke dalam kondisi yang serupa dengan mereka. Anda mulai berpikir seperti penulisnya, dan akhirnya bisa mendapatkan inpirasi untuk menyesuaikan sikap dan perilaku.
·         Panas: Panas dapat di akibatkan oleh gesekan, akibat sinar matahari, dan tenaga listrik. Jika temperatur meningkat akan sampai pada fase penyalaan.
Tahukah Anda bahwa ternyata di saat usianya baru 8 tahun, Bill Gates telah terpesona dengan kegigihan dan impian besar Napoleon Bonaparte melalui tulisan yang ia baca di buku-buku ensiklopedia dunia. Begitu juga dengan Warren Buffett, sejak kecil ia membaca kisah sukses tokoh-tokoh bisnis, dan menemukan dirinya dalam dunia mimpinya. Akhirnya lewat buku-buku yang dibacanya, Buffet kecil mengatakan: ”Dari dulu saya selalu yakin saya akan kaya.” Winston Churchill mengaku suka membaca biografi tokoh terkenal saat semangatnya sedang turun. Buku itu membuat semangatnya bangkit. Ia merasa diteguhkan saat dirinya lemah dan tak berdaya. Tak heran, salah satu cuplikan pidatonya yang populer “Never Give Up” berasal dari penggalian inspirasi buku-buku motivasi yang ia baca.

Inilah kekuatan FUN SPIRIT (level 3 perguruan kungfu kehidupan FUN MASTER) dengan 3 jurus andalannya FUN (Fresh-Up grade-Nonstop) Spirit.  (merupakan jurus 7,8, dan 9 dari 18 jurus Fun Master).
Jurus 7: Fresh Spirit
“Impian meraih sukses tidak harus di masa kecil. Impian bisa juga di saat usia senja.”
~ Kolonel Sanders

Siapa bilang pensiun bikin serasa kiamat? Siapa bilang usia lanjut tak bisa beraktivitas layaknya ketika kita masih muda? Siapa bilang usia senja tak bisa produktif berkreasi mencipta karya-karya berharga? Sebaliknya siapa bilang usia muda tidak bisa sukses? Siapa bilang usia muda tidak memungkinkan melakukan percepatan menggapai puncak kesuksesan?
Ya artinya, siklus kesuksesan seorang manusia tidak sama dengan siklus hidup produk pada umumnya. Jangan kita terpaku pada pernyataan, makin bertambah tua Anda suatu saat produktivitas Anda menurun. Atau karena masih muda usia kita, tidak mungkin kita bisa memulai percepatan prestasi. Ya, karena siklus hidup kesuksesan itu tidak pernah berlaku universal, siklus itu berbeda karena setiap manusia diberikan kesempatan membangun sejarah kehidupannya masing-masing. Dan bagaimana kita memunculkan Fresh Spirit dalam setiap siklus kehidupan kita sangatlah penting.

Jurus 8: Up-grade Spirit
“Orang lain bisa menghentikan Anda untuk sementara, tetapi Anda satu-satunya orang yang bisa menghentikan diri Anda secara permanen.”
~ John C. Maxwell
Ada 2 hal penting dalam jurus 8 ini, pentingnya selalu belajar dan tidak membatasi rekor diri.

 “Tidak belajar sehari adalah sebuah kesalahan.”
“Tidak belajar seminggu adalah sebuah kebodohan.”
“Tidak belajar setahun adalah sebuah kemiskinan dan kemelaratan.”
“Dan tidak belajar seumur hidup adalah sebuah warisan yang berbahaya buat keturunan.”
Pidato lama mendiang Steve Jobs dalam acara "commencement speech" di hadapan lulusan Stanford University tahun 2005 sangat patut disimak,  Stay Hungry. Stay Foolish.”
Jangan batasi Rekor Kemampuan Anda
Sebesar apa kemampuan seseorang? Tidak ada seorang pun yang tahu. Artinya tidak ada seorang pun yang secara sadar boleh menanamkan batasan terhadap kemampuan kita. Lebih lima puluh tahun yang lalu, Johnny Weissmuller, yang dikenal sebagai tokoh Tarzan di era film bioskop saat itu, disebut sebagai perenang terbesar yang pernah dikenal di dunia. Para dokter dan pelatih olah raga di seluruh dunia saat itu mengatakan, “Tidak ada seorang pun yang akan memecahkan rekor Johnny Weismuller.” Prestasinya memegang 50 buah rekor! Tahukah Anda siapa yang memecahkan rekor si Tarzan tersebut saat ini? Gadis-gadis berumur 13 tahun! Karena Rekor Olympiade 1936 telah dijadikan standar kualifikasi peserta Olympiade 1972. 
Sudahkah kita menentukan target-target pencapaian naskah Impian hidup kita di tahun 2012 ? Apa saja rekor yang hendak kita capai di 2012 secara FUN?

Jurus 9: Nonstop Spirit
“Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah.”
 ~ Thomas Alva Edison
Jangan berhenti sebelum Anda mencapai garis finish untuk sebuah pertandingan yang Anda pilih! Sebuah kejadian pada suatu malam Oktober 1968 tepatnya di Stadion Olympic Mexico City bisa saja punya arti yang dalam untuk kasus ini. Saat itu telah berlalu 1 jam setelah pelari marathon Mamo Welde dari Ethiopia memenangkanpertandingan, deretan penonton mulai berbubaran dan meninggalkan stadiun di saat hari makin gelap dan dingin.
 Tiba-tiba terdengar suara sirene dan bunyi pluit polisi datang dari pintu gerbang marathon ke dalam stadiun. Di bawah tontonan penonton, satu pelari terakhir lari ke trek untuk menyelesaikan putaran terakhir dari dua puluh enam mil pertandingan. John Stephen Akhwari dari Tanzania, dengan kaki dibalut dan berdarah, tampaknya  ia telah jatuh dan terluka pada waktu pertandingan. Tetapi ia tidak menghentikan langkah kakinya, dan saat itulah orang-orang di stadium bangkit dan bertepuk tangan. Akhirnya di saat mencapai garis akhir, dengan terhuyung-huyung ia ditanya kenapa tidak menyerah saja karena melihat lukanya saja mana mungkin ia memenangkan pertandingan. “Negara saya tidak mengirim saya ke Mexico City untuk memenangkan satu medali. Mereka mengirim saya untuk menyelesaikan sebuah pertandingan.”
'SELAMAT TAHUN BARU 2012. Kita akan membuka sebuah buku. Dimana setiap halamannya masih kosong. Kitalah yang akan menulis kata-kata dalam buku berjudul "OPPORTUNITY" tersebut, dimana Bab awalnya bercerita  New Year's Day. Munculkan semangat baru Anda, tingkatkan terus pencapaian target lebih tinggi, dan tiada kata berhenti sebelum semua tujuan Anda tercapai! Salam FUN MASTER”