27/12/11

REFLEKSI KEHIDUPAN 2011-SERIAL (2) Act Your FUN Attitude!


2011 tak terasa lagi akan berlalu sebagai bagian dari sejarah kehidupan kita. Berbagai pengalaman kehidupan dengan berbagai rasanya (dari yang manis, pahit, asam) mungkin semuanya telah kita rasakan. Untuk menyambut tahun 2012 dan mempersiapkan diri kita secara FUN agar lebih baik di hari-hari depan kita, serial Refleksi Kehidupan sesuai level FUN MASTER akan menutup kaleidoskop perjalanan Bersama Membangun Indonesia Ceria di tahun 2011.

“Fokuskan sikap Anda, temukan gaya khas Anda, dan kendalikan sikap Anda untuk tetap pada orbit impian besar Anda!” 

Sebuah impian yang besar (FUN Mindset), layaknya "password" kesuksesan kita. Namun selama kita tidak mengambil tindakan (FUN Attitude) maka selamanya kita tidak pernah mengaktifkan pulsa kesuksesan hidup tersebut.

Sebuah survei dilakukan di rumah sakit kepada orang-orang lanjut usia di sebuah Negara maju; ditanyakan apa yang membuat mereka menyesal selama hidupnya. Ternyata 90% dari mereka menjawab penyesalan datang karena ‘tidak melakukan sesuatu yang seharusnya mereka lakukan’. Misalnya membangun bisnis atau terus melanjutkan pendidikan atau meluangkan waktu yang cukup bersama keluarga atau menyempatkan waktu untuk berolah raga dan lainnya.  
Hal yang perlu disadari adanya tantangan turbulensi dunia saat ini, maka di saat Anda telah mempraktekkan jurus-jurus FUN Mindset pada level 1, inilah saatnya bertindak menentukan arah untuk menuntaskan naskah impian tersebut. Pada level 2 ini sangat dimungkinkan menemukan kondisi yang tidak mulus (tidak sesuai perencanaan dan harapan Anda di awal). Jangan rubah sasaran akhir (impian) Anda, tapi selaraskan arah perjalanan Anda.

Layaknya Anda sebagai seorang penjelajah yang telah menentukan tempat tujuan Anda, saatnya Anda membekali diri dengan sebuah KOMPAS (penunjuk arah) kehidupan Anda; yaitu FUN Attitude
Jadi kalaupun ternyata ada beberapa halangan di dalam penjelajahan Anda, tetap Anda tidak akan tersesat, dan harusnya mampu mencapai tujuan akhir; meskipun  perjalanan Anda tidaklah semulus  sesuai Peta Normal yang Anda bawa di awal. Dan saat diperlukan sebuah perubahan, hal ini pasti  mengganggu zona nyaman Anda. 


“Kendalikan situasi setidak nyaman apapun, 
pilihlah reaksi sikap Anda yang mendatangkan
energi positif.”
Anda tidak dapat mengubah kebiasaan Anda tanpa mengganggu status quo atau zona nyaman Anda. Namun dengan tetap menggunakan KOMPAS kehidupan Anda maka niscaya perjalanan Anda tetap menyenangkan. Dan yang harus selalu Anda ingat, Sang Maha Sutradara adalah tempat Anda untuk  bertanya di kala semua jalan yang Anda lalui begitu berat dan berliku. Yakinkan kembali ini bagian skenario besar Sang Maha Sutradara. Latihan dan praktik level 2 ini, Anda akan dibawa ke dalam sebuah refleksi diri dengan tema “My Segway Story“.
REFLEKSI DIRI: “MY Segway Story”
Segway adalah  alat  transportasi  personal masa depan dengan Dynamic Stabilization Technology yang diciptakan oleh Dean Kamen. Selain mencuri perhatian banyak orang, banyak yang menyebut kendaraan ini ”ajaib” karena dianggap antigravitasi. 
Namun, tidak sedikit pula yang mencibir dan meragukannya. Ini lantaran bentuknya yang aneh. Betapa tidak, segway hanya berupa dua roda yang dihubungkan dengan as lantas diberi ’’tongkat’’ untuk pegangan pengendara. Secara logika, kalau tidak bisa menjaga keseimbangan, orang pasti terjengkang ke belakang atau ke depan kalau naik segway.
Itulah ajaibnya. Kendaraan ciptaan Dean Kamen itu dilengkapi sensor keseimbangan bernama gyroscopic sensors yang membuat segway bisa mencari keseimbangan sendiri. Kalau berat pengendara condong ke depan, segway akan menggelinding maju. Begitu juga sebaliknya.

Temukan sikap khas Anda sehingga makin disiplin dan fokus pada tujuan akhir!

Ibarat Anda belajar pertama kali mengendarai Segway, pasti ditemukan beberapa masalah sebelum Anda terbiasa menggunakannya. Semakin cepat Anda bertindak untuk memulai dan disiplin pada naskah impian, maka makin terbiasa pula Anda untuk mengaktifkan sensor keseimbangan dalam hidup Anda. 
Sikap fokus yang efektif, nantinya akan membawa Anda menemukan cara-cara khas Anda dalam mengendalikan kendaraan masa depan Anda. 
Dan akhirnya dengan menyenangkan Anda akan dapat terus mengendalikan orbital Anda, dan pada saat Anda temukan kondisi yang sulit, itu semua dapat Anda komunikasikan pada Sang Maha Sutradara yang senantiasa akan membantu Anda dalam melakukan navigasi kehidupan ini.  


“Kebiasaan tumbuh dari lingkungan sebagai akibat dari memikirkan dan melakukan kegiatan yang sama berulang-ulang. Sekali terbentuk ia seperti semen yang membeku sesuai cetakan dan sulit diretas.”
~ Napoleon Hill 
Tulisan blog ini merupakan bagian isi dari buku MASTER 18 (Elex Media Komputindo-2011)