10/05/12

WINDOW OF OPPORTUNITY


Realita Abad-21:
Dunia mengalami Turbulensi!

“Turbulence is life force. It is opportunity. Let's love turbulence and use it for change.”

~ Ramsey Clark 

Pernahkah saat Anda naik pesawat, tiba-tiba terjadi hentakan dan membawa pesawat terasa terdorong ke bawah. Gerakan yang berputar tidak beraturan ini dapat disebabkan karena gesekan angin, perbedaan temperatur udara ataupun fenomena alam; gejala ini disebut dengan turbulensi. Salah satu yang ekstrim disebut jet stream berupa arus angin berkecepatan tinggi (bisa lebih dari 150 knot = > 277 Km/jam) yang terjadi di lapisan atmosfir bagian atas yang sangat tinggi (high altitude), di atas 30.000 kaki. Jika seandainya Anda ada di pesawat tersebut, bayangkan bagaimana detak jantung Anda, pikiran Anda begitu berkecamuknya, dan satu hal yang pasti: Anda dan saya tidak mengharapkan kejadian di atas.

Saatnya kita menyadari bahwa dunia realita kehidupan kita sehari-hari juga mengalami turbulensi. Dunia yang setiap saat dapat saja membawa kita ke dalam sebuah perubahan yang mengejutkan dengan kecepatan yang tidak diduga. Mengapa demikian? Apa tanda-tandanya dan bagaimana cara menyikapinya?  Inilah tanda-tandanya:

1.    Kondisi dunia saat ini bergerak makin sangat dinamis, hal ini didukung pergeseran era kekuatan di dunia menjadi Era Wisdom. Bukan zamannya lagi orang mengandalkan kekuatan fisik, kekayaan tanah, kepandaian menguasai teknologi bahkan informasi.
2.       Kondisi dunia ke depan makin susah ditebak dan makin tidak stabil. Contoh adanya peristiwa Bubble Economic 2008, begitu cepatnya kondisi berubah dari kondisi yang awalnya begitu menjanjikan menjadi sebuah resesi global terbesar dalam sejarah.  Berawal dari kasus subprime mortgage di Amerika, akibat kredit macet sektor perumahan. Apakah “Dunia salah menerapkan formula?”  Semua orang ingin memperkaya dirinya masing-masing dengan cara yang cepat, tanpa memperhatikan orang lain. 
3.   Di dalam kondisi di atas, seolah-olah nasib seseorang ke depan bagaikan sebuah hasil permainan poker di meja judi (penuh ketidakpastian). Suasana dunia lebih kacau ‘chaos’, kondisi ekonomi seperti bola bekel, dimana daya lentingnya tidak bisa ditebak. Naik-turun susah dikendalikan. Akibatnya banyak nasib orang yang seolah-seolah seperti bola bekel juga, hari ini berhasil, besok bisa terpuruk, berhasil lagi, terpuruk lagi. Apakah kita berharap seperti kondisi tersebut? Apakah semua itu benar-benar tidak mampu diprediksi dan dikendalikan?

Tantangannya adalah:
1.    Bagaimana menjadikan kita fleksibel terhadap perkembangan dinamis dengan mempunyai KONSEP DIRI yang tepat ‘wisdom’.
2.       Bagaimana mampu menstabilkan diri dalam kondisi dunia yang serba tidak stabil dengan memiliki dan memahami sebuah FORMULA pengembangan diri yang tepat.
3.       Bagaimana mampu mengendalikan diri dalam kondisi dunia yang makin chaos, dan bahkan menjadi pemain sekaligus pemenang bukan korban dengan cara menjadi seorang MASTER baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
Hidup itu menyenangkan, jika Anda menguasai Formulanya!

Dalam bukunya “The Extreme Future”, James Canton menegaskan 1 dari 10 tren terbesar adalah The Future of the Individual. Sebagai contoh: apa yang dapat kita lihat dari daftar peringkat orang-orang terkaya di dunia saat ini? Tahun 2010 saat Forbes kembali merilis daftar 1000 orang dengan tingkat penghasilan terbesar di dunia. Selain cukup banyak nama baru dari daftar 1000 nama tersebut, namun ke-5 nama terdepan ditempati orang-orang yang sama dalam beberapa tahun terakhir. Carlos Slim Helu (Mexico), Bill Gates (USA), Warren Buffett (USA), Muskesh Ambani (India), dan Lakshmi Mittal (India). Apa yang menarik dari orang-orang dengan posisi kekayaan terbesar tersebut?
·          2 dari 5 orang terkaya adalah orang berkebangsaan India, uniknya India termasuk Negara dengan jumlah penduduk tertinggi kedua di dunia namun dengan tingkat kemiskinan cukup tinggi pula. Muskesh dan Lakshmi membuktikan bahwa begitu besarnya kekuatan individu selama mereka mampu mengoptimalkan energinya di kondisi Negara apapun juga.
·         Energi adalah barang yang makin langka dan mahal di dunia saat ini. Dan dari deretan orang-orang terkaya tersebut banyak dari mereka bermain di sektor energi. Begitu besar peranan energi bagi dunia!

Akhirnya saya membayangkan sebuah Dunia impian. Dimana semua manusia bahagia di dunia itu, tidak ada kemiskinan, dan tertutup peluang orang melakukan kejahatan. Dunia begitu indah dan damai, dan itu tercipta karena semua insan mampu berkontribusi yang terbaik sesuai bidangnya. Menjadikan sebuah bangsa menjadi besar harusnya dapat dimulai dengan memperbesar peranan dan energi masing-masing individu warganya. 
Sebenarnya sering kali di dalam kehidupan manusia tanpa disadari mereka masih mencari identitas dirinya: Who Am I?” Ambillah langkah besarnya, dan mulai pilihlah arena pertandingan yang akan Anda menangkan. Jadilah seorang Master yang akhirnya mampu membuat mahakarya ‘masterpiece’ dalam hidupnya. Mengapa? Sukses, bahagia, dan sejahtera hanyalah sebuah dampak positif dari seseorang yang mampu membuat mahakarya dalam hidupnya. Dan untuk mampu membuat masterpiece; seseorang cuma punya sebuah pilihan: menjadi seorang Master! Dan untuk menjadi seorang MASTER di bidangnya, kita perlu tahu cara-cara yang menyenangkan (FUN). Itulah 18 jurus FUN MASTER kita. Selamat menjadi orang yang makin menyenangkan, karna semakin mampu menikmati perjalanan karya kita yang FUNtastic! Be a FUN MASTER. The world is yours!

”Di momen-momen Anda mengambil keputusan itulah takdir Anda dibentuk.”

~ Anthony Robbins