30/09/12

KEEP Your FUN Energy



Pernahkah Anda mendengar atraksi Tong Setan—sebuah  permainan di mana seorang pengendara sepeda motor harus mengelilingi sebuah tong besar tanpa alat pengaman. 


Fenomena pertunjukan yang banyak menarik perhatian banyak orang tersebut, menyuguhkan kemampuan pemain untuk dapat menaklukkan arena silinder yang tinggi berbentuk tong  tanpa terjatuh. Bila Anda melihat atraksi tersebut, tampak pemain sangat berhati-hati dan konsentrasi mengambil ancang-ancang agar sepeda motor dapat mencapai kecepatan optimal. Dengan demikian pemain tidak jatuh ke bawah—jika kecepatan sepeda motor terlalu rendah—atau terpental ke luar tong setan jika kecepatannya terlalu tinggi.

Diperlukan keahlian khusus untuk menentukan kecepatan optimal yang sebenarnya secara pendekatan ilmiah dalam  ilmu Fisika dinyatakan sebagai hukum gerak benda melingkar beraturan.

Salah satu jurus dari 18 jurus FUN MASTER, adalah jurus 15: Necessary Energy. Pada saat kita membangun keyakinan memberikan energi secara autentik dan tidak membedakan kontribusi kita kepada  orang yang membutuhkan, tetap diperlukan cara mengatasi keterbatasan diri kita sebagai seorang manusia.

Saya pernah menerima sebuah bbm (pesan singkat melalui BB) dari kawan seperti kutipan ini:
“Konon di Tiongkok pernah hidup seorang hakim yang sangat dihormati karena tegas dan jujur. Suatu hari dua orang menghadap sang hakim, dan mereka bertengkar hebat dan nyaris beradu fisik. Keduanya berdebat tentang hitungan 3 x 7. Hasil pengalian orang pertama 21, sedang orang kedua bersikukuh dengan hasil 27. Ternyata hakim memvonis cambuk 10 x bagi orang pertama dengan jawaban 21. Spontan  terhukum memprotes vonis hakim itu. Hakim menjawab, hukuman ini bukan untuk hasil hitunganmu. Akan tetapi untuk kebodohanmu yang masih mau berdebat dengan orang bodoh yang tidak tahu bahwa  3 x 7 adalah 21.”

Tentu saja itu hanya cerita itu  rekaan belaka, namun  sebuah hikmah dapat diambil dari cerita tersebut, bahwa jika kita sibuk memperdebatkan sesuatu yang tidak berguna, berarti kita juga sama salahnya atau bahkan lebih salah dari orang yang memulai perdebatan. Sebab dengan sadar kita membuang waktu dan energi untuk hal yang tidak perlu. Bahkan menurut penelitian, jika kita marah selama 1 menit maka energy yang dikeluarkan sepadan dengan 4 jam kita bekerja.