09/06/13

GAME 1: PLAY OUR FUN CAREER 'MENGATASI POTENSI AMBRUKNYA BANGUNAN KARIER'


Kuatir masa depan karier?
Apa pun profesi kita saat ini, tentunya setiap kita ingin memiliki masa depan karier yang menyenangkan. Namun seringkali kita masih menemukan orang-orang yang masih membuang-buang waktu, dalam menjalani kariernya. Mencoba-coba berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain, dari satu profesi ke profesi lain, tanpa alasan yang jelas.  Bangun, bongkar. Bangun lagi, bongkar lagi. Saya pernah mengenal seseorang yang begitu mudahnya menjadi ‘kutu loncat’ hanya untuk sebuah alasan klise, besaran gaji yang diterima. Begitu rapuh pondasi karir yang dibangunnya, dan akhirnya sepanjang karirnya juga lebih banyak cerita galaunya daripada senangnya.  

Tentunya Anda setuju, dalam dunia karier, sangatlah penting membangun pondasi karier yang kokoh, agar tidak ambruk di tengah jalan.

Berikut adalah kisah menarik sebagai perbandingan. 
Sampoong Departement Store berdiri dengan megahnya.  Setiap harinya ribuan orang berkunjung ke pusat perbelanjaan di Korea Selatan tersebut.

Hari itu di tengah keramaian dan keasyikan para pengunjungnya,  tiba-tiba hanya dalam hitungan 20 detik seluruh bangunan gedung tersebut ambles. 1500 orang  terkubur hidup-hidup!


Bukan kasus itu saja yang merupakan musibah runtuhnya bangunan tinggi di dunia. Namun sebagian besar penyebab runtuhnya  gedung-gedung berbalut beton yang terlihat begitu megah dan perkasanya, adalah faktor SALAH KONSTRUKSI.


Seperti kasus di atas, gedung yang semula diperuntukkan untuk perkantoran, berubah menjadi Departement Store saat konstruksi pembangunan gedung saat itu sudah mencapai tahap 50 persen. Untuk menginstal Eskalator beberapa kolom kunci pendukung harus mereka hilangkan karena mereka harus merubah bentuk dalam bangunan tersebut. Tidak hanya itu saja si pemilik menambah lantai bangunan. Sistem Pendingin udara yang ditambahkan ke gedung semakin menambah beban gedung. 

Dan hal yang paling buruk adalah ternyata bangunan bertingkat tersebut hanya dibangun dengan beton standar.  Penggunaan besi ukuran 16 yang seharusnya dipakai untuk beton hanya separuh dari jumlah yang diperlukan. Desain struktur bangunan yang salah, akhirnya mengakibatkan bencana yang mengerikan. 
Simak video lengkapnya http://www.youtube.com/watch?v=z3TMXDX8Nlc

Demikian juga dalam kehidupan kita, untuk memenangkan karier maka merupakan permainan yang menyenangkan jika kita memulai dengan membangun pondasinya terlebih dahulu. Pondasi yang kokoh membuat kita tidak akan memboroskan waktu untuk membongkar ulang bangunan karier yang sudah  dibangun. Bahkan dari waktu ke waktu kita akan mampu menambah tingkat ketinggian level bangunan karier, tanpa kuatir ambruk di tengah jalan. 

Struktur bangunan karier kita tergantung dari cara berpikir kita. Seperti apa yang disampaikan David J.Schwardz: ”Kesuksesan seseorang tidak diukur dalam meter, kilogram,  gelar universitas, ataupun latar belakang keluarga. Namun diukur dengan cara berpikir.”


Bukankah sangat menyenangkan jika kita menjadi pewaris utama dari bangunan karier kokoh yang kita bangun?
Bagaimana cara praktis membangun struktur karier yang kokoh dan menyenangkan? Dapatkan selengkapnya di buku Work FUN Play Hard yang telah beredar di toko-toko buku Gramedia.



Salam FUNtastic...