27/09/13

Uniknya perilaku Sam Walton sang pendiri Wal Mart



Apa arti kesuksesan dan kebahagiaan bagi mu? Dewasa ini begitu banyak perilaku life style sebagai terjemahan mereka yang merasakan dirinya sukses.
Jalan-jalan ke tempat yang fantastis, makan malam di restoran mewah, memiliki rumah megah lengkap dengan kolam renang dan jacuzzi, mobil mahal koleksi terbaru, berpesta pora dan segala kegemerlapan lainnya adalah potret gaya hidup orang kaya yang umumnya kita lihat era ini.

Namun sangat menarik melihat gaya hidup sosok Samuel Moore Walton, pendiri Wal Mart. Siapa tak tahu Wal Mart; perusahaan besar di dunia dengan bisnis eceran (retail) nya. Sam Walton memiliki kebiasaan yang tidak umum untuk ukuran konglomerat. Berikut beberapa contoh gaya hidupnya:
·  Dalam hidupnya, hanya sekali Sam Walton mengikuti penerbangan kelas satu (saat penerbangan panjang dari Amerika Selatan ke Afrika itupun karena harus menemani rekan bisnisnya), sisanya ia menggunakan penerbangan kelas ekonomi.
·  Mobil perusahaan yang dipakainya bukan limusin, hanya sebuah pick-up merah tanpa AC.
·  Jika bermain golf, Walton akan berhenti bermain saat kehilangan sebuah bola.
·   Walton mengenakan kemeja yang dibelinya di saat harga diskon di tokonya.
·   Walton suka mengundang keluarga miskin untuk makan bersamanya.
· Walton menggunakan hari Minggu bersama keluarganya. Ia mengajari anak-anaknya untuk hidup sederhana dan bekerja keras.

Itulah sikap yang tidak umum dari Sam Walton yang dapat dikatakan memiliki rekor hidup sederhana untuk seorang yang kaya. Jika kita amati secara mendalam, jurus UNCONVENTONAL Attitude Sam Walton bukanlah berarti ia seorang yang super pelit, Anda perhatikan bagaimana nilai ‘compassion’ yang dibangunnya, dengan mengundang orang tak mampu makan bersama di rumahnya. Ini adalah sebuah pilihan sikap yang makin memperkuat visi Walton sendiri dalam melayani pelanggannya seoptimal mungkin. 

Sudahkah kita melatih perilaku yang tidak umum, namun sangat berarti untuk nasib bangsa ini? Let's play for FUN Indonesia.