11/12/13

Belajar jurus Navigated Attitude dari PJ Sutradara The Hobbit

Artikel kali ini bersamaan dengan mulai beredarnya film Hobbit "The Dessolation of Smaug", yuk kita simak jurus unik sang Sutradara Peter Jackson (P.J.). Sesuai dengan 18 jurus formula FUN MASTER, maka P.J. adalah sosok yang mewakili jurus ke-6 Navigated Attitude, dengan ciri-cirinya: mau mengambil resiko demi menyelaraskan kembali pada tujuan akhir yang lebih baik.






Seringkali kita tidak berani dan malas mengambil tindakan untuk menyelaraskan pada tujuan akhir, karena merasa “terlalu mahal” untuk berubah buat sesuatu yang sudah dilakukan. Namun hal ini tidak berlaku bagi tokoh NAVIGATED Attitude kita, Peter  Jackson (P.J.). Tidak seorangpun saat ini meragukan kepiawaian sutradara asal New Zealand kelahiran 31 Oktober 1961 ini. Prestasinya yang sangat dramatis ketika film besutannya “Lord of The Rings (LOTR): The Return of The King” berhasil memenangkan 11 kategori Academy Awards (OSCAR) dari 11 nominasi yang dicalonkan. Suatu prestasi yang hanya bisa disamai oleh Film “Ben Hur” dan “Titanic”.



Saya memiliki opini tersendiri terkait dengan kemenangan P.J. ini. Memang LOTR adalah salah satu film terfavorit saya selama ini, sehingga secara khusus saya meluangkan waktu mengamati apa sebenarnya yang sudah dilakukan P.J. melalui Trilogi LOTR tersebut. Lewat 6 buah kaset DVD spesial “LOTR: Behind The Scene” berisi proses casting pemain, desain kostum, penentuan dan setting lokasi lebih dari 150 area di daratan New Zealand, termasuk perjalanan syuting film selama 438 hari nonstop (11 Oktober 1999-22 Desember 2000)-yang merupakan sejarah baru dari pembuatan film trilogi yang langsung dibuat simultan tanpa jeda waktu, hingga pembuatan special effect nya semua begitu memukau dan sangat terasa bagaimana Peter Jackson benar-benar mengendalikan perjalanan syuting yang begitu panjang tersebut tetap pada orbitnya. Semua ini P.J lakukan untuk menjaga intensitas pembuatannya.   



Dan berkat sikap profesionalnya untuk selalu konsisten pada tujuan akhirnya ia berhasil menerjemahkan Novel karangan J. R. R. Tolkien (yang begitu kompleks dan imajinatifnya) menjadi gambar nyata yang begitu realistis dan kolosal. Akhirnya film yang berbiaya total  $285 juta tersebut (sekitar Rp 2.5 triliun)  dapat menghasilkan total pendapatan lebih dari $2.850 juta (10 kali lipat). Wow, benar-benar luar biasa! Dan hebatnya lagi di saat begitu banyak film trilogi mengalami penurunan kualitas pada film-film berikutnya, hal ini tidak terjadi dengan LOTR.  Di antara semua keberhasilan tersebut, ada satu peristiwa yang menarik di saat pembuatan sosok Gollum. Saat pembuatan “LOTR: The Two Towers”, sebenarnya sosok Gollum telah diselesaikan pembuatan versi CGI (computer-generated imagery) nya, hanya perlu mencari pengisi suara yang cocok. Hingga akhirnya datanglah Andy Serkis aktor kelahiran Inggris sebagai kandidat pengisi suara Gollum. Namun apa yang diputuskan Peter Jackson berikutnya adalah salah satu keputusan terbesar yang pernah diambilnya sepanjang karier penyutradaraannya. P.J. berani mengambil resiko untuk mengubah total sosok Gollum yang sudah ada, begitu ia melihat begitu ekspresifnya Andy Serkis menampilkan mimik dan gerakan Gollum di saat sebenarnya ia didaulat hanya sebagai pengisi suara. Sampai saat ini dunia perfilman mengakui penokohan karakter Gollum sebagai salah satu yang paling brilian dalam sejarah perfilman dunia.



Begitu berarti dan pentingnya kita selalu menerapkan jurus NAVIGATED Attitude, lewat apa yang dilakukan Peter Jackson kita dapat mempelajari manfaat pengendalian diri  pada orbital naskah impian yang telah kita susun. Peter Jackscon tetap setia menavigasi dirinya sehingga selalu mampu memberikan karya terbaik bagi para penonton film hasil karyanya. Lihat saja film-filmnya yang lain seperti King Kong, The Lovely Bones dan tentu saja The Hobbit

Bagaimana dengan kita? Tentunya sangat menarik perjalanan hidup ini, bila kita mampu bermain dari satu level ke level berikutnya yang lebih tinggi......Selamat mengevaluasi perjalanan sepanjang tahun 2013..........