19/06/12

THE FUNtastic JOURNEY



Eksplorasi paling dahsyat justru di dalam pribadi kita dibanding perjalanan luar angkasa dan dasar bumi. Ini yg lebih menentukan masa depanmu…dan ini FREE jika kamu tahu cara menuai KARAKTER!
 
Karakter Anda adalah ‘Antibody’ masa depan Anda

“Bagaimana cara Anda menghabiskan waktu luang adalah ujian bagi karakter Anda.”

~ John C. Maxwell
Setiap orang tentunya menginginkan perjalanan hidup yang menyenangkan. Namun seiring dengan perubahan dunia yang makin dinamis dan 'chaos', maka dibutuhkan daya tahan yang lebih lagi. Ibarat fungsi metabolisme tubuh yang sehat, sangat diperlukan antibody yang akan membangun sistem kekebalan terhadap serangan virus tertentu. Di saat menghadapi mega pertarungan kehidupan, Anda pun harus memiliki antibody yang tepat menghadapi keganasan virus dunia saat ini seperti keserakahan, kemalasan,  keegoisan, kedengkian (iri hati),  kesombongan. Membangun karakter yang kuat dan tepat akan memberikan jaminan perlindungan masa depan Anda. Bukankah setiap kita menginginkan:
Karier  yang terus meningkat, restasi  menuju puncak, hubungan sosial yang baik dan harmonis, kontribusi yang efektif, meninggalkan warisan yang berarti.
Jelajahi perjalanan karakter FUN MASTER (Mindset, Attitude, Spirit, Talent, Energy, Recycle) dalam diri kita...



Taburlah pemikiran, tuailah tindakan.
Taburlah tindakan, tuailah kebiasaan.
Taburlah kebiasaan, tuailah karakter.
Taburlah karakter, tuailah masa depan.

FUN MASTER Model & Competency Ice Berg




Hal yang  menarik saat Anda mempelajari Competency Ice Berg. Bagian puncak gunung es, yang lebih mudah terlihat orang lain, adalah hard competency (skill & knowledge). Namun makin dalam hingga hal mendasar terkait values dan beliefs tidak mudah langsung dikenal orang lain. Demikian juga arti pentingnya kita membangun FUN MASTER Model. Ibarat berkeinginan membangun sebuah infrastruktur yang kokoh, maka harus dimulai dengan struktur dasar yang kokoh (dalam hal ini Mindset). Demikian proses berikutnya secara berurut akan mendapatkan sebuah formulasi pembangunan karakter yang kokoh.


Selanjutnya kita harus pahami bahwa setiap unsur dalam FUN MASTER tidak bisa berdiri sendiri, melainkan sebuah kesatuan proses yang saling mendukung. Jika ada satu unsur yang hilang di antara Mindset, Attitude, Spirit, Talent, Energy atau pun Recycle, maka kita tidak akan memperoleh ‘The Real  FUN Master’. 

Ciri-ciri seorang Real FUN Master: not confused, not wrong start, not frustrated, not average performance, not walk alone, and can give suistainable legacy.



Siapkan bekal 4 Quotient Anda!

Untuk mampu menutup pertandingan kehidupan dengan Happy End, kita perlu membawa perbekalan yang tepat sebagai sumber kalori bahan bakar energi kita selama pendakian gunung-gunung impian kita tersebut.
Bekal apa saja yang perlu kita siapkan?
Bekal yang tepat adalah bekal yang mampu mencukupi kebutuhan PQ, IQ, EQ, dan SQ kita.
·         PQ: kecerdasan fisik dapat dilatih dengan kedisiplinan berolah raga, pola makan dan istirahat yang tepat. Selalu latihlah diri kita menjadi seorang yang memiliki tubuh yang sehat dan bugar, sehingga kita selalu mampu tampil energik.
·         IQ: kecerdasan intelektual dapat dilatih dengan kedisiplinan belajar dan menambah wawasan diri. Selalu latihlah diri kita menjadi seorang pembelajar yang tak mengenal usia.
·         EQ: kecerdasan emosi dapat dilatih dengan kedisiplinan berempati kepada orang lain. Selalu latihlah diri kita menjadi seorang yang peka terhadap kebutuhan sesama dan pilihlah kontribusi yang tepat.
·         SQ: kecerdasan spiritual dapat dilatih dengan sebuah komitmen untuk menyadari bahwa sebagai makhluk tertinggi yang diciptakan Sang Kuasa, kita pasti ada di dunia karena sebuah rencana mahabesar dari Sang Maha Sutradara, Tuhan kita.

Bekal yang cukup, membuat perjalanan mendaki gunung impian Anda menjadi menyenangkan. Dan saat Anda kembali pulang, membuat Anda tetap fit untuk merencanakan pendakian demi pendakian berikutnya.

You’ll Never Walk Alone

Pasti kita tahu judul lagu kebangsaan Pendukung The Red, Liverpool ini.  Lagu yang diciptakan tahun 1945 ini awalnya diperuntukkan untuk pementasan opera Broadway. Namun hingga saat ini lagu ini selalu menyertai kemanapun team Liverpool berlaga. Para pendukung setia The Red seakan mempunyai energi tersendiri dalam memberikan dukungan yang maksimal saat mereka menyanyikan lagu ini.

Demikian juga dengan kita, saat kita terus menempa diri untuk mendapatkan karakter unggul kita, dengan cara melakukan pendakian demi pendakian setiap gunung impian kita, maka tanpa kita sadari  begitu banyak mereka di sekitar kita baik yang kita kenal langsung maupun tidak mereka akan mendukung kita kemana pun kita melangkah. Artinya dengan berusaha memiliki karakter unggul ini kita membuka pintu masa depan yang baik.”We’ll Never Walk Alone”. Apalagi bila kita telah melibatkan Tuhan Sang Maha Sutradara dari awal perjalanan kita.
Selamat menikmati FUNtastic Journey!!!!

“Tak ada orang yang dapat mendaki lebih tinggi dari batas karakternya.”

~ John Morley